Assalamualaikum Terima Kasih Sudah Meluangkan waktu untuk membuka blog COKER VS CEKER IX-D SMP NEGERI 9 SURABAYA 2010-2011 Wassalamualaikum Coker VS Ceker: Face Book Buat Guru Dan Murid

Face Book Buat Guru Dan Murid

Pengguna Facebook di Indonesia tumbuh begitu cepat, dan saat ini menempati urutan pertumbuhan tercepat kedua di dunia dari sisi jumlah pengguna. Indonesia hanya kalah dari AS yang juga merupakan pengguna Facebok terbanyak di dunia.
pada januari 2010 pengguna Facebook di Indonesia adalah sebesar 15 juta loh... pengguna dan sampai saat ini awal tahun 2011 pengguna Facebok di Indonesia ada dikisaran 30 juta-anlah banyakkan...pengguna, naik 2 kali lipat dari bulan januari 2010.
Dari jumlah tigapuluh juta pengguna itu walaupun belum ada hasil survey yang saya baca tentang ini(belum sempet pak hahahahaha), saya mempunyai keyakinan sebagian besar pemakai Facebook Indonesia ini adalah pelajar dan mahasiswa, karena mungkin  orang yang lebih dewasa malas mengurusi hal-hal kayak gini ya....kecuali orng yang nganggur contohnya*****(dlilarang menyebutkan nama merek)
dari pengamatan saya masih banyak pelajar usia SMP dan SMU yang menggunakan Facebook secara tidak sehat, contohnya:  mencaci maki teman sendiri dengan kata-kata yang kurang pantas pada status mereka, memamerkan foto yang kurang pantas seusia mereka, mengapdete status lewat hp pada saat jam pelajaran di kelas, nongkrong di warnert pada jam pelajaran sekolah,  menyimpan foto-foto yang kurang pantas di hp, dan lain-lainya, memang tidak semua pelajar pengguna Facebok berlaku kurang pantas dalam pergaulan mereka di dunia maya(contohnya saya hehehehehe), masih sangat banyak yang berlaku positif melalui Facebok, mereka bisa saling berbagi info tentang pelajaran di sekolah, mengerjakan tugas sekolah secara online, memposting catatan-cataan yang bagus, memposting puisi dan hal-hal positif lainya. contohlah orang yang baik untuk berinternet sehat contohnya saya hehehehehe.....contohnya ayah ibu atu guru TIK kalian.
Untuk meningkatkan manfaat positif dan mengurangi penyalahgunaan untuk hal-hal yang negatif, alangkah baiknya jika semua guru SMP dan SMU mempunyai account di Facebook dengan friendlist siswa-siswinya, sehingga para guru bisa mengontrol para kita dalam pergaulan di luar sekolah. Para guru juga diharapkan bisa mengarahkan para kita agar memanfaatkan internet secara sehat untuk memaksimalkan pelajaran yang didapat didalam kelas ataupun untuk kepentingan menggali ilmu pengetahuan di luar sekolah.
Untuk dapat mengarahkan siswanya tersebut tentu saja para guru harus memiliki bekal pengetahuan internet yang cukup, untuk itu perlu diadakan pelatihan-pelatihan tentang internet bagi para guru tersebut. 
Yang saya tahu hal itu telah dilakukan di kota Bandung yang di dukung penuh tapi surabaya kok belum ya.....???
Hal positif yang telah dilakukan di bandung tersebut perlu kiranya dilakukan juga di SURABAYA selain blogdetik.com yang telah melakukan langkah nyata,Pemerintah dalam hal ini kementrian pendidikan dan kebudayaan atau Kementerian Komunikasi dan Informatika harus punya inisiatip melakukan langkah-langkah tersebut, karena merekalah yang seharusnya paling bertanggung jawab dalam hal ini.
Harapan saya semoga hal itu bisa terwujud di semua daerah kususnya SURABAYA. Sebelum pemerintah mulai bergerak melakukan hal itu. Kepada Blogdetik.com,juga lembaga atau perusahaan lain yang berkaitan dengan itu, saya mengharapkan daerah SURABAYA lainya juga bisa di garap dengan segera, supaya pemerataan pengetahuan tentang internet sehat bisa menyebar di seluruh Indonesia.






  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar